Friday, April 24, 2015

Perilaku Produsen

PERILAKU  PRODUSEN






Pada dasarnya manusia yang memiliki sifat dasar sebagai konsumen, menyebabkan penyedia kebutuhannya pun semakin banyak dalam bentuk berbagai rupa kebutuhan manusia, tidak mengenal umur, ruang dan waktu.Tentunya selain menjadi siklus simbiosis mutualisme terhadap manusia penyedia dan pemakai kebutuhan, tetapi menghasilkan keuntungan yang akhirnya terbentuklah sebuah siklus ekonomi. Seiring perkembangan zaman dan maju pesatnya peradaban dan teknologi manusia kegiatan yang dinamakan ekonomi pun semakin bermacam rupa dan berbagai rupa. Salah satu yang akan kita bahas kali ini mengenai Perilaku Produsen.


Perilaku Produsen

Produsen adalah orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan, sedangkan Produksi adalah usaha untuk menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan. Dengan pengertian lain Produksi merupakan konsep arus (flow consept), bahwa kegiatan produksi diukur dari jumlah barang-barang atau jasa yang dihasilkan  dalam suatu periode waktu tertentu, sedangkan kualitas barang atau jasa yang dihasilkan tidak berubah.

Terdapat dua macam faktor produksi yaitu faktor produksi asli dan faktor produksi turunan:
1. Faktor produksi asli
Yang termasuk faktor produksi asli antara lain sebagai berikut :
  • Alam. Contohnya : tanah, air, udara, sinar matahari, tumbuh – tumbuhan, hewan, barang tambang.
  • Tenaga kerja. Tanpa adanya tenaga kerja, sumber daya alam yang tersedia tidak akan dapat dirubah atau diolah menjadi barang hasil produksi.
2. Faktor produksi turunan
Yang termasuk faktor produksi turunan adalah modal dan keahlian (skill).
Referensi:

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home