Friday, January 22, 2016

DEDUKTIF DAN INDUKTIF



PERBEDAAN  PARAGRAF  DEDUKTIF  DAN  INDUKTIF

Contoh Paragraf Deduktif
Negara adalah institusi mapan, tetapi tetap dinamis sehingga mampu mengantisipasi segala perubahan yang terjadi. Negara mewadahi seluruh kepentingan masyarakat bangsa. Ia hanya menyediakan kerangka umum yang bersifat abstrak, sehingga terbuka untuk ditafsirkan. Sementara pemerintah adalah pranata kontemporer, sebagai penyelenggara negara dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh konstitusi negara.

Analisa
Paragraf di atas merupakan paragraf deduktif karena pikiran utamanya terdapat di awal paragraf. Pikiran utamanya terletak pada kalimat “Negara adalah institusi mapan” Kalimat tersebut merupakan kesimpulan yang di tarik dari keseluruhan isi paragraf. Setelah kalimat utama, selanjutnya diikuti oleh kalimat – kalimat penjelas yang terletak pada kalimat kedua hingga kalimat terakhir untuk mendukung pikiran utama atau ide pokok yang telah dikemukakan sebelumnya. Kalimat – kalimat penjelas menguraikan tentang alasan mengapa Negara disebut sebagai institusi yang mapan. Hal tersebut dikarenakan Negara mewadahi seluruh kepentingan masyarakat bangsa.

 Contoh Paragraf Induktif
Setiap orang tua tentu berharap anaknya kelak menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Itulah mengapa banyak orang tua yang berbondong-bondong mengirimkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit dengan harapan agar nantinya sang anak dapat bersaing di dunia kerja yang semakin keras. Pendidikan yang tepat bagi anak sebenarnya tidak harus sealu dengan mengirimkan mereka ke sekolah faforit, melainkan dengan cara mengarahkan sang anak sesuai minat dan bakat mereka. Oleh karena itu, orang tua sebenarnya memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan sang anak.

Analisa

Paragraf di atas merupakan paragraf induktif karena pikiran utamanya terdapat di akhir paragraf. Pikiran utamanya terletak pada kalimat “Oleh karena itu, orang tua sebenarnya memiliki peran yang sangat penting” Kalimat tersebut merupakan kesimpulan yang di tarik dari keseluruhan isi paragraf. Sebelum kalimat utama, diuraikan dulu kalimat – kalimat penjelas yang terletak pada kalimat pertama hingga kalimat sebelum kalimat utama untuk mendukung pikiran utama atau ide pokok yang telah dikemukakan sebelumnya. Kalimat – kalimat penjelas menguraikan tentang alasan mengapa orang tua memiliki peran yang penting dalam menyesuaikan keinginan anak untuk masa kerja ya di masa yang akan datang. Hal tersebut disebabkan karena sang anak memiliki minat dan bakat yang berbeda satu sama lain.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home